TRIBOMA DWIDARTA EKAMAULANA

lok mau lihat keluarga besar gue klik aja URL ini gan..he..he.. www.mangunkaryofamily.blogspot.com
Gue anak ke-2 dari 2 bersaudara..Gue anak terakhir gan.. ha,,ha,,ha..
gak penting banget zaw gan..
he..he..

KOMPONEN PENUNJANG FREESTYLE

Written By P@tr!ck r00ck "N" roll on Sabtu, 24 Desember 2011 | 03.16

Untuk melakukan freestyle kita perlu komponen – komponen penunjang agar kita dapat melakukannya dengan sempurna. Kira – kira apa saja komponen – komponen penunjang itu zaw gan ? ini dia jawabannya gan :


1.    STABILISER

Stabiliser akan membantu saat melakukan manuver ketika wheelie. Saat melakukannya  akan lebih seimbang, karena setang moyor gak terlalu ringan. Selain itu, akan lebih mudah mengarahkan motor ketika mengangkat roda depan.
Singkat kata, stabiliser bias disetel agar setang bisa seret dan ringan. Ini cukup membantu agar arah motor ketika roda depan terangkat gak berubah.
Menyimak wejangan, artinya sobat yang lagi tune in freestyle jangan melupakan komponen ini. Toh, proses pemasangannya mudah dan bias dicari di toko variasi terdekat.
Ingat ! Pemasangan stabiliser paling mutlak dilakukan pada motor bebex. Karena bagian depan motor bebex ringan tidak seperti jenis sport. Jadi ketika melakukan wheelie arah motor mudah berubah.
Karena panjang stabiliser banyak ukurannya, sesuaikan dengan motor yang digunakan. Untuk motor bebex jangan menggunakan stabiliser yang terlalu panjang, karena akan menggangu maneuver.
Selain masalah panjang, pemilihan stabiliser juga penting. Pilih peredam getaran setang yang memiliki tingkat setelan banyak, karena mempermudah mencari tingkat kekakuan setang yang pas.

      2.   SETANG MOTOR
 
Setang motor yang baik untuk mendukung aksi freestyle justru dari bawaan motor yang berbahan besi. Setang motor model standart membentuk tangan lebih lebar. Posisi tangan seperti itu memudahkan kita untuk melakukan aksi freestyle.
Jangan menggunakan setang jepit. Posisi setang jepit dirancang rendah layaknya motor sport. Untuk setang jepit akan banyak menghambat aksi freestyle karena badan tidak ideal (terlalu merunduk).
Selain masalah proporsional tubuh, setang jepit ada bahayanya juga. Terutama model variasi yang bahannya tidak bisa dipertanggungjawabkan (mudah patah).
Setang jepit yang menggunakan system jepitan pada selongsong sok pakai mor dan baut lebih mudah bergeser, terutama ketika melakukan aksi stoppie.
Coba bayangkan ketika stoppie tiba – tiba posisi stang jepit melenceng ? hati – hati gan.

3.   SELANG REM ANYAMAN BESI

Komponen yang satu ini sering digunakan pada motor road race supaya saat braking point bias dekat mulut tikungan. Menggunakan selang rem yang bahannya karet jelas akan mengembang karena tidak mampu menahan tekanan minyak remketika terjadi pengereman yang sangat keras.
Begitu pula aksi freestyle, selang rem anyaman besi sanggup meredam selang mengembang, terutama saat melakukan stoppie dan burnout. Akan berbeda jika menggunakan selang karet dengan besi. Proses ngerem ketika stoppie justru akan lebih mudah.

4.   KOPLING MANUAL

Khusus motor bebex yang koplinnya masih semiotomatis, aksi freestyle seperti stoppie, burnout, dan wheelie akan sulit dilakukan. Lebih mudah dilakukan jika motor underboun tersebut menggunakan kopling manual. Hal tersebut karena karakter kopling semiotomatis memang gak sesempurna model kopling manual dalam menyalurkan dan menjinakan tenaga mesin.
Saat ini mengganti system kopling motor bebex jadi manual mudah dilakukan. Took variasi sudah banyak menyediakan perangakat pemindah tranmisi ini untuk berbagai macam motor. Jadi yang masih menggunakan kopling semiotomatis segara ganti gan..hahahaha….





3 komentar:

obat asam urat tradisional mengatakan...

informasi sangat membantu sekali,mudah - mudahan artikel ini bermanfaaat untuk semuanya.
trimakasih atas kunjungannya .

srigala malam mengatakan...

trus buad ban gemn brow....???

Unknown mengatakan...

Ukuran gear yg enak untuk mt25 buat freestyle brapa bos!

Posting Komentar